Selasa, 21 April 2015

PELATIHAN USTADZAH





Pondok Pesantren adalah suatu lembaga pendidikan agama islam yang tumbuh serta diakui oleh masyarakat sekitar, dengan sistem asrama yang santri-santrinya menerima pendidikan agama melalui sistem pengajian atau madrasah yang sepenuhnya berada di bawah kedaulatan dan kepeminpinan seorang atau beberapa orang kyai dengan cirri-ciri khas yang bersifat kharismatis serta independen dalam segala hal.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa lembaga pondok pesantren bukan hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan. Namun sebagai lembaga dakwah dan lembaga social. Dalam masing-masing bidang pondok pesantren telah diakui eksistensinya dalam menyebarluaskan agama islam.

Lembaga pondok pesantren yang tumbuh dari masyarakat dasar telah menunjukkan kontribusinya pada satu bangsa. Di tengah-tengah krisis akan nilai normative pesantren mampu tampil menekan budaya yang relative negative.

Demikian pulalah dengan proses yang dijalani pondok pesantren annuqayah Nirmala sebagai lembaga dakwah atau embaga berwawasan lingkungan pondok pesantren annuqayah nirmala talah memulai amanat pengembangan. Kamis, tanggal 16 s/d 18 April 2015 kembali TK/TPA Alwildanyang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Annuqayah Nirmala kembali menampakkan jati dirirnya sebagai agen perubahan dan pembertahanan dan pengokohan bagi umat islam, selama 3 hari  lembaga pendidikan TK/TPA Alwildan bekerja sama dengan LLPTKA BKPRMI Kabupaten Sumenep melakukan penggemblengan terhadap santri Pondok Pesantren Annuqayah sebagai upaya pengkaderisasian  kedepannya. Selama 3 hari itu juga para peserta Pelatihan Ustadzah yang berjumlah 41 orang di bekali berbagai macam pengetahuan yang diantaranya: Manajement pengelola, Psikologi anak, BCM (bermain, cerita, menyanyi), Kurikulum TKA/TPA, Metode iqro’, Integrasi materi, Mecro-teaching, Dialog. kemudian setelah peserta disuguhi berbagai macam pengetahuan, dihari terakhir mereka mengikuti pelatihan tersebut tepat pada pukul 13.00 mereka dihadapkan pada micro teaching, hal ini sebagai bentuk penguatan terhadap materi yang mereka dapatkan. Kemudian di malam penutupan, dilakukan pembacaan ikrar serta Pelantikan Ustadzah secara serentak oleh tim LPPTKA BKPRMI Kabupaten Sumenep, yang kemudian dilanjutkan dengan pesan-pesan perjuangan dan ramah tamah.
Adapun pelatihan tersebut ditujukan untuk Memberikan bekal keterampilan dalam mengelola TK/TPA, serta Memberikan wawasan yang memadai terhadap pengembangan TKA/TPA. Karena bagaimanapun setiap dari mereka pasti akan menjadi pendidik. Walaupun tidak di lembaga pendidikan formal, paling tidak bagi anak kandungnya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar